Tips Travelling

11 Tips Menarik untuk Perjalanan Road Trip Anda

Pertengahan bulan Maret lalu saya melakukan road trip bersama lima orang rekan lainnya, diantaranya @madalkatiri dari @wegoID, @viraindohoy dan @munindohoy dari @indohoy. Destinasi yang dituju adalah Semarang dan Dieng. Selama sekitar empat hari bersama, kami berhasil menamatkan perjalanan berjarak tempuh sekitar 1000 kilometer ini dengan selamat. Tidak lupa kenangan indah tamasya di kota tua Semarang dan dataran tinggi Dieng akan selalu dikenang selamanya.

Perjalanan road trip bukanlah sesuatu yang baru bagi saya. Puluhan kali saya menempuh perjalanan darat menggunakan mobil ke berbagai destinasi, baik di dalam maupun di luar negeri. Yang cukup reguler saya lakukan adalah perjalanan Bandung-Jakarta. Beberapa kali saya melakukan road trip ke destinasi khusus misalnya dari Surabaya ke Madura, Gunung Kawi, Blitar, dan Sarangan. Di luar negeri, road trip terakhir yang saya lakukan adalah menelusuri Great Ocean Road di Victoria, Australia, dengan pemandangannya yang sangat scenic. Ada road trip yang dilakukan hanya berdua saja, seperti ketika saya bersama @viraindohoy berkunjung ke Teluk Kiluan di Lampung. Ada juga yang dilakukan bersama rombongan sekitar 15 orang, menggunakan bis, saat mengarungi gurun pasir mengunjungi empat kota utama di Uzbekistan, mulai dari Khiva, Bukhara, Samarkand, hingga Tashkent.

Dari beberapa road trip yang saya lakukan, ada banyak pengalaman yang saya petik beberapa tips yang mungkin bisa kamu pakai untuk perjalanan road trip idaman. Ingat, inti dari perjalanan ini adalah kebersamaan.
Tips untuk road trip

road trip1. Tentukan tujuan
Pilih tujuan secara bijaksana dengan mempertimbangkan efisiensi waktu dan biaya. Pergi ke Bali menggunakan jalan darat memang menyenangkan, tetapi setidaknya kamu harus menghabiskan dua hari dalam perjalanan ditambah dua hari lagi untuk perjalanan pulang. Pertimbangkan untuk memilih destinasi yang ‘terjangkau’ dan memang lebih nyaman dijangkau bila membawa kendaraan sendiri. Beberapa alternatif yang dapat saya usulkan disini adalah Pelabuhan Ratu, Yogyakarta – Solo – Magelang – Semarang serta Lampung.
2. Tentukan lama perjalanan
Berapa lama road trip yang akan kamu lakukan? Empat hari? Satu minggu? Perkirakan jarak tempuh dan kondisi perjalanan sehingga kamu memiliki waktu cukup untuk mengeksplorasi destinasi tujuan.
3. Tentukan jumlah peserta road trip
Peribahasa “the more the merrier” tidak sepenuhnya berlaku dalam road trip. Sesuaikan kapasitas mobil yang akan digunakan dengan jumlah orang yang ikut. Untuk kendaraan seperti minibus, enam orang adalah jumlah maksimal dimana setiap peserta dapat merasa cukup nyaman. Pertimbangkan untuk melakukan rotasi duduk agar masing-masing merasa nyaman dengan perubahan suasana.
4. Kelola dana road trip bersama
Ada beberapa komponen biaya yang akan ditanggung bersama, diantaranya adalah bensin, tol, penginapan, tiket masuk ke tempat rekreasi, biaya guide, serta pengeluaran tak terduga lainnya. Sebelum berangkat, tentukan besaran biaya yang harus ditanggung bersama dan bagi secara rata dan jangan lupa untuk melakukan reservasi yang dibutuhkan. Kelola dana secara transparan dan beritahukan segera bila ada kekurangan.
5. Tentukan peran masing-masing dalam road trip
Setidaknya harus ada dua pengemudi yang mampu dan berpengalaman dalam mengemudi jarak jauh. Lebih baik lagi jika salah satu diantara peserta pernah mengendarai mobilnya melewati jalan tersebut. Peserta lainnya dapat berfungsi sebagai navigator, memberitahukan hal-hal yang sekiranya dapat membantu pengemudi. Sementara itu yang lainnya dapat berfungsi sebagai pembaca peta yang baik. Gunakan acara road trip ini untuk membentuk team work yang solid.
6. Periksa kondisi kendaraan sebelum melakukan road trip
Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi kendaraan. Mulai dari kondisi ban, mesin, pendingin udara, hingga yang juga tidak kalah penting adalah kelengkapan surat-surat kendaraan. Apalagi jika kamu berencana untuk menggunakan kendaraan sewaan, pastikan keadaannya layak demi kenyamanan selama perjalanan.
7. Pertimbangkan untuk menggunakan GPS
Saat ini teknologi canggih GPS sangat membantu dalam menunjukkan jalan yang paling praktis untuk mencapai destinasi tujuan. Beberapa merek seperti Garmin dan Tomtom dapat kamu gunakan untuk membantu navigasi. Saat di Semarang, GPS Tomtom sangat membantu dalam mencari berbagai lokasi yang ingin dituju.
8. Persiapkan MP3 dan CD favorit
Musik adalah teman perjalanan yang sangat penting. Pastikan setiap peserta membawa CD dan iPod masing-masing, serta tidak lupa kabel penghubung gadget dengan radio mobil. Satu hal yang harus diingat, setiap peserta pasti memiliki selera lagunya masing-masing. Belajarlah bertoleransi dan hargai selera teman kamu.
9. Bawa snack/makanan ringan dan air minum secukupnya
Untuk mengatasi rasa bosan, makanan dan minuman dapat menjadi solusi. Bawa makanan ringan dan minuman favorit serta simpan sampah ditempat yang seharusnya. Jaga kebersihan mobil sehingga mau dapat tetap nyaman selama perjalanan
10. Siapkan permainan
Untuk menghidupkan suasana, tidak ada salahnya jika kamu menyiapkan beberapa permainan yang seru. Tebak-tebakkan, truth or dare, atau permainan kata-kata dapat menjadi alternatif.
11. Bersikap ramah terhadap penduduk lokal
Jika kamu tersesat, bertanyalah kepada penduduk lokal dengan ramah. Sebaiknya kamu menghentikan mobil terlebih dahulu dan kemudian turun, menghampiri penduduk setempat untuk bertanya. Ucapkan salam dan terima kasih secara tulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *