Uncategorized

4 Area yang Harus Dilewati Munuju Puncak Galunggung

Liburan dan terbersit ini menjelajah gunung? Coba datangi Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Jawa Barat. Berada di ketinggian 2067 mdpl, gunung stratovolcano yang sedang tidur ini memiliki luas 120 hektar. Travel lads dapat dengan puas menjelajah dan  menikmati panorama cantik dan menghirup segarnya udara pegunungan
Area Penanjakan Galunggung, Jawa Barat
1. Lautan Pasir

Lautan pasir seperti ini akan kamu temui di Galunggung
Lautan pasir seperti ini akan kamu temui di Galunggung

Serupa dengan Gung Bromo, Gunung Galunggung pun diberkahi area pasir vulkanik yang luas. Inilah pos pertama ketika berada di area Galunggung. Jika wisatawan tak terbiasa melalui jalur trekking yang menantang, maka akan kesulitan melewati jalur ini. Alternatifnya, kamu bisa melalui 620 anak tangga  menuju bibir kawah Gunung Galunggung. Jika Travel lads membawa anak-anak, Gunung Galunggung cocok untuk anak usia 5 tahun ke atas.
2. Gigir Kawah

Gunung Galunggung dari titik Gigir. Foto oleh buitenzorger via Flickr
Gunung Galunggung dari titik Gigir. Foto oleh buitenzorger via Flickr

Jika Travel lads butuh tantangan, kamu dapat melalui area trekking jalur tanah. Setelah melewati area lautan pasir dan menempuh jalan menanjak, kamu akan menemui area gigir kawah. Dari area ini, kamu bisa melihat kota Tasikmalaya dari ketinggian. Karena gigir ini berada di puncak ‘bukit’ kawah maka kamu bisa juga menyaksikan panorama kawah Galunggung.
3. Tengah Kawah

Area tengah kawah Gunung Galunggung, tempat biasa untuk berkemah. Foto oleh buitenzorger via Flickr
Area tengah kawah Gunung Galunggung, tempat biasa untuk berkemah. Foto oleh buitenzorger via Flickr

Sekarang kita menuju area kawah, Travel lads! Tapi kamu harus hati-hati karena area pegunungan akrab dengan perubahan cuaca mendadak, kalau hujan jalur pasti jadi sangat licin. Sesampainya di Tengah Kawah (area menjorok ke tengah), kamu bisa melakukan kegiatan memancing dalam danau. Pengurus Wanawisata Gunung Galunggung sengaja menyebar bibit ikan sebagai penanda keaktifan gunung. Di saat gunung akti, ikan-ikan yang disebar akan otomatis mati.

Tepi Danau Kawah di Gunung Galunggung. Foto oleh vitarlenology via Flickr
Tepi Danau Kawah di Gunung Galunggung. Foto oleh vitarlenology via Flickr

Selain memancing dan melepas lelah, kamu bisa juga berkemah si sini. Area Tengah Kawah ini cukup luas dan memang biasanya jadi tempat para pendaki berkemah. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan di sini. Walau sudah menjadi tempat wisata, Gunung Galunggung masih melindungi ekosistem tumbuhan serta hewan endemik.
4. Dasar Kawah

Temukan sungai jernih di dasar kawah Gunung Galunggung.
Temukan sungai jernih di dasar kawah Gunung Galunggung.

Kawah Gunung Galunggung tak hanya sekedar danau dan area berkemahnya saja. Jika kamu mencoba menelusuri lebih jauh lagi, kamu akan menemukan aliran sungai yang berasal dari dinding kawah. Banyak batu kali (vulkanik) yang berserakan di sekitarnya. Batu kali sangat licin, lagi-lagi kamu harus berhati-hati. Tepat di dinding kawah sebelah selatan, kamu bisa menemukan masjid yang biasa jadi tempat ziarah.
Tips ke Galunggung

140325-j-galunggung 05

Gunung Galunggung memiliki beragam fasilitas penunjang sebagai kawasan wisata seperti: area parkir yang luas serta aman, masjid, café, tempat bermain anak, kolam renang, bak rendam air panas, area pertunjukan, camping ground, shelter dan penjaja oleh-oleh
Jika kamu ingin menginap, ada banyak pilihan wisma dan hotel dengan berbagai tipe
Kamu harus berhati-hati ketika berada di area bibir kawah, di sana masih belum ada pagar pembatas

Transportasi

Mobil Pribadi: Dengan menggunakan mobil pribadi dari arah Tol Cikampek terus hingga masuk Tol Purbaleunyi (arah menuju Bandung). Perjalanan dilanjutkan menuju Tasikmalaya, melintasi Terminal Tasikmalaya dan kamu akan langsung sampai ke kawasan Gunung Galunggung.

Kendaraan Umum: Sampai di Terminal Bus Tasikmalaya, kamu bisa menggunakan angkutan kota dengan tujuan Terminal-Galunggung-Singaparna.

Transportasi dengan Bus dari Jakarta – Tasikmalaya (PP): sekitar Rp 100.000,00.
Biaya transportasi Angkot Tasikmalaya – Galunggung (PP): sekitar Rp 10.000,00.

Biaya masuk ke Taman Nasional Gunung Galunggung Rp 5.000,00.

Diambil dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *